Senin, 06 Juni 2011

Kiat Mengasah PD (Percaya Diri)

1. Memiliki Kapasitas Ilmiyah

Miliki kapasitas ilmiyah dengan banyak mencari informasi (pengetahuan) lewat belajar. Gelar formal akademis perlu, tapi ia bukan segalanya. Meski tidak memiliki gelar berderat, proses tarbiyah (=pendidikan) yang kita lakukan selama bertahun-tahun telah membuat diri kita memiliki kapasitas ilmu dan fikrah yang mulia yang dapat kita berikan pada orang lain.



2. Kenali dan Fokus pada Potensi Positif

Menurut Kinkin Annida, tumbuhkan PD melalui proses dan upaya yang berkesinambungan, dimulai dengan mengenali diri, fokus pada kelebihan dan mengembangkan potensi positif tersebut.

Kata dia, untuk optimal mengembangkan potensi diri, seseorang perlu fokus pada kekuatan dan kelebihannya, jangan pada kelemahan atau kekurangan dirinya. “Dia harus berani dan percaya bahwa dia bisa mengembangkan kebaikan dan sisi positifnya sehingga lebih berani untuk tampil. Keberanian itu yang memimpakan keberhasilan dalam melakukan sesuatu. Jika dia berhasil, itu akan menjadi aset untuk menambah kepercayaan dirinya.”

3. Memanfaatkan Momen

Menurut Wibowo, untuk melatih PD, muslimah harus pandai memanfaatkan setiap momen yang ada, misalnya saat penceramah berhalangan hadir, ia siap menggantikan. Yakinlah, kata dia, bahwa orang yang paling baik itu adalah orang yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.

4. Bangun Karakter Pemimpin

Kata Wibowo, bangunlah karakter pemimpin dan diri kita, ingga tidak sepenuhnya tergantung pada faktor eksternal. “Kalau kita hidup karena faktor eksternal, hidup kita itu tertindas. Kita berperilaku seperti apa kata lingkungan.”

Artinya kita dituntut berperilaku sesuai dengan prinsip, nilai dan keyakinan diri, bukan kata orang lain, tapi tetap dengan kesadaran atau ilmu. Bukankah kita dituntut untuk belajar dan bergaul dengan orang pintar. “Kalau enggak punya ilmu repot. Iqro’ itu sebenarnya menggali ilmu supaya ada perubahan. Amal dilakukan dengan ilmu dan keikhlasan. Misalnya, Nabi Nuh yang dituduh gila karena membuat kapal, padahal tidak ada hujan. Ia tetap melanjutkan pekerjaannya karena ia memiliki informasi.”

5. Memaksa Diri dan Konsisten

Paksakan diri untuk mengalahkan rasa takut dan gamang saat mengawali sebuah kegiatan dengan sikap GO (lakukan saja). Ingat, tindakanlah yang akan menyembuhkan rasa takut dan gamang! Untuk itu, kata Wibowo, seseorang harus mujahadah linafsihi (bersungguh-sungguh) dalam setiap urusannya, termasuk berdakwah. Setelah langkah pertama terlewati, bangun terus rasa percaya diri dengan sikap konsisten (bertahan dan tidak mundur) dengan perilaku tersebut.

6. Pelatihan Organisasi

Sebagai salah satu upaya, kita bisa saja mengikuti pelatihan pengembangan diri untuk melatih keterampilan bicara di depan umum, misalnya. Khusus untuk melatih keterampilan berdakwah secara lisan, saat ini cukup banyak lembaga dakwah yang menyelenggarakan pelatihan mubalighoh dalam waktu relatif singkat. Terlibat dalam organisasi juga merupakan satu upaya yang cukup baik untuk mengasah PD.

7. Lakukan Teknik PD

Praktikkan tindakan kecil, misalnya: berusaha duduk pada barisan depan, melakukan kontak mata saat berbicara, berjalanlah lebih cekatan, berusaha bicara terus terang, berwajah cerah dan memperbanyak senyum dalam aktivitas keseharian kita. Jika hal-hal kecil di atas terbiasa kita lakukan dengan ikhlas dan pada tempatnya, Insya Allah, ini akan menyumbang rasa PD yang lebih besar dalam diri kita saat harus tampil menjadi pelopor dan penggerak dakwah.
 

2 komentar:

Arif Bayu Saputra mengatakan...

PEde memang perlu asal gak kepedean yang berlebihan....hehehehe thanks tips nya bos.........:)

Dedi Suryadi mengatakan...

yups..betul bnget bayoe..yang penting digunakan sesuai tempatnya.hehehe..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons