PENDIDIKAN


STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Pengertian
Mengajar adalah penciptaan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Sistem lingkungan yang dimaksud terdiri dari beberapa komponen yang saling mempengaruhi yakni ;
~ Tujuan instruksional
~ Materi pelajaran
~ Guru dan murid
~ Jenis kegiatan yang dilakukan
~ Sarana dan prasarana belajar mengajar
Strategi belajar mengajar adalah pola umum perbuatan guru murid di dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. Sedangkan rentetan perbuatan guru murid dalam suatu peristiwa belajar mengajar actual tertentu disebut prosedur intruksional.

B. Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar
1).    Segi pengaturan guru-murid
Dari segi pengaturan guru, pengajaran dapat dilakukan oleh guru secara perorangan dan dapat pula dilakukan oleh suatu team. Sedangkan dari segi pengaturan murid, dapat dibedakan atas pengajaran klasikal, kelompok kecil, dan pengajaran individual.

2).    Segi struktur peristiwa belajar mengajar
Struktur peristiwa belajar mengajar, dapat bersifat tertutup dan dapat pula bersifat terbuka.

3).   Peran guru-murid di dalam mengolah pesan
Pesan yang telah diolah oleh guru secra tuntas sebelum disampaikan disebut ekspositorik, sedangkan yang masih memerlukan pengolahan oleh siswa disebut heurisik atau hipotetik.

4).   Kemampuan mengolah pesan
Peristiwa belajar mengajar yang bertolak dari yang umum disebut strategi yang bersifat deduktif, edangkan yang ditandai oleh proses berfikir disebut strategi induktif.
5). Tujuan belajar
a)      Kemampuan intelektual yang merupakan hasil belajar terpenting
b)      Strategi kognitif, mengatur cara belajar dan berfikir seseorang
c)      Informasi verbal pengetahuan dalam arti informasi dan fakta
d)     Keterampilan motorik yang diperoleh disekolah
e)   Sikap dan nilai, yang berhubungan dengan arah serta intensitas emosional yang dimiliki seseorang.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons